Fisika Bantu Jawab :(

Plisss​

Bantu Jawab :(

Plisss​

Jawaban:

1) Iskhorik diartikan bahwa keadaan suatu sistem mempunyai volume tetap. Jika volume tetap, perubahan volume yang terjadi pada sistem akan bernilai nol. Hasilnya adalah sistem dikatakan tidak melakukan usaha.

Grafik di atas menunjukkan suatu proses volume konstan, tetapi sistem mengalami kenaikan tekanan daripada kondisi awalnya. Usaha untuk isokhorik selalu bernilai nol (W=0).

Proses Isotermis (Suhu Tetap)

Iostermis diartikan bahwa suatu sistem selalu berada pada kondisi suhu tetap. Disisi yang lain, volume dan tekanan sistem berubah. Isotermis juga dibedakan menjadi dua keadaan yaitu isotermis pemamfataan dan pemuaian. Grafik untuk proses ini dalam diagram P-V adalah sebagai berikut.

Grafik diatas menunjukkan pemuaian isotermis. Perlu dipahami bahwa PV akan selalu bernilai konstan. Rumus usaha untuk proses ini adalah

R menunjukkan konstanta gas universal, n adalah jumlah mol, T suhu sistem, V dua adalah volume akhir sistem dan V satu adalah volume awal sistem.

Proses Adiabatik (Kalor Nol)

Proses adibatik diartikan sebaga suatu proses dimana sistem tidak menyerap atau melepas kalor. Dengan kata lain kalor yang masuk atau yang keluar bernilai nol (bukan kalor sistem yang nol). Ini terjadi untuk sistem yang terisolasi atau tersekat. Diagram proses ini dalam grafik P-V dapat digambarkan sebagai berikut.

Jika dibandingkan dengan isotermis, kemiringan grafik adiabatik lebih tajam. Rumus usaha untuk proses ini adalah

Gamma adalah konstanta laplace yang menunjukkan perbandingan kapasitas panas pada tekanan tetap tehadap kapasitas panas pada volume tetap. Untuk memahami konsep dengan benar, simaklah contoh soal fisika yang terkait usaha dan proses termodinamika.

Penjelasan:

semoga bermanfaat

[answer.2.content]